Senin, 27 Januari 2014

Kawinkan Tokoh Pewayangan Mahabharata Dengan Teknik Gambar Manga

,
Pria kelahiran 22 Juni 1981 ini juga mengatakan dalam komik karyanya ia mengambil sudut pandang melalui tokoh baru yang orisinal yaitu Kinara dan Garu yang memang tidak ada dalam tokoh pewayangan.

Setelah komik Wind Rider (Elex Media, 2005) terbit, ia meluncurkan seri berjudul 'Garudayana' dengan tokoh utama Kinara dan Garu. Garudayana adalah komik Indonesia yang bercerita tentang kisah wayang kontemporer.

Seputar keluarga Pandawa dan Kurawa. Akan tetapi, komik ini tidak hanya sebatas menyalin ulang cerita dan mem-visualisasikannya. Garudayana justru menyuguhkan cerita baru dengan balutan kisah wayang Indonesia.

Cerita baru tersebut dibuat sesederhana dan semenarik mungkin untuk menarik hati pembaca yang mayoritas berusia remaja. Sehingga para pembaca bisa menikmati cerita sekaligus belajar mengenai kisah pewayangan Indonesia.

Komik pewayangan karya Ardisoma dan Kosasih sudah dilahap habis olehnya. Tak hanya komik Indonesia saja, tapi komik Amerika, Eropa, Hongkong hingga Jepang dan semua gaya komik pun dipelajarinya.

"Garudayana berawal dari eksperimen saya dalam menggabungkan gaya gambar manga (komik Jepang) dengan cerita pewayangan, dengan konsep fantasi, dan ditujukan untuk pembaca anak-remaja,"

"Sehingga pembaca juga bisa turut merasakan alur cerita yang fresh," jelasnya. Serta pada akhirnya dalam setiap seri terdapat kisah dari tokoh-tokoh pewayangan Mahabharata seperti Gatotkaca dan Pandawa melalui komik.

Kini komik yang diterbitkan pada 2009 lalu sudah ada dua volume. Sebelumnya, Is berada di bawah penerbit Koloni M&C namun tahun lalu pindah penerbit ke CAB. Jadilah versi komik 'Garudayana Saga' yang lebih lengkap dan bagus kualitasnya.

Is menjelaskan inspirasi yang didapatkannya lantaran sejak masih kecil ia sangat menyukai membaca komik. "Saya termasuk generasi yang beruntung."

http://images.detik.com/albums/detikhot/komik-is-har2.jpg

http://images.detik.com/albums/detikhot/Komik_Indonesia_Infografis_Detikhot1.jpg

Sumber : http://hot.detik.com/read/2014/01/27/124837/2479174/1059/is-yuniarto-kawinkan-tokoh-pewayangan-mahabharata-dengan-teknik-gambar-manga?h991101207

0 komentar to “Kawinkan Tokoh Pewayangan Mahabharata Dengan Teknik Gambar Manga”

Posting Komentar