Minggu, 26 Januari 2014

Di Malaysia, Bensin Sekelas Pertamax Plus Hanya untuk Orang Miskin

,

http://images.detik.com/content/2014/01/27/1034/malaysiaha.jpg

Pemerintah Malaysia tengah mencari cara untuk mengetatkan pengeluaran pemerintah alias goverment spending. Rencananya, Malaysia siap memberlakukan peraturan baru bensin bersubsidi.

Bensin sekelas Pertamax Plus atau RON 95 akan diwajibkan hanya untuk masyarakat miskin. Seperti diketahui, Malaysia memberikan subsidi bensin RON 95.

Mengutip TheStar, Senin (27/1/2014), Menteri Wilayah Federal Malaysia, Datuk Seri Tengku Adnan Tengku Mansor mengatakan, kebijakan tersebut akan keluar di Juni 2014 mendatang.

"Kami memastikan kenaikan harga bahan bakar hanya untuk yang mampu membelinya. Seseorang naik Alphard atau Mercedes, tapi mereka masih pakai bensin RON 95," tuturnya.

Nantinya RON 95 yang merupakan bensin subsidi harus terkualifikasi pemakainya. Mobil mewah diwajibkan memakai bensin RON 97.





Harga bensin RON 95 atau sekelas Pertamax Plus di Malaysia ini dijual seharga RM 2.10 per liter atau Rp 7.500 dan itupun sudah disubsidi sebesar 63 sen atau Rp 2.200. Sedangkan RON 97, sama sekali tidak disubsidi di harga Rp 10.000.

Kebijakan ini masih di-review lebih jauh di tingkat Perdana Menteri. Menurut Tengku Adnan, kebijakan ini sudah lama diajukan beberapa kali namun selalu gagal. "Tetapi kita yakin akan segera diimplementasikan setelah mencari metode yang tepat," tuturnya.

"Kita melakukan ini semua demi masa depan bangsa kita. Jangan memakai kebijakan populis tapi membunuh masa depan kita dan bangsa," tuturnya.
(dru/dnl)

0 komentar to “Di Malaysia, Bensin Sekelas Pertamax Plus Hanya untuk Orang Miskin”

Posting Komentar